jump to navigation

Kemunafikan July 21, 2009

Posted by Didi Keitha in Life, Mimi's Site.
Tags:
trackback

Hanya sekedar tulisan dan mencoba mendeskripsikan atau menggambarkan tentang salah satu sifat “munafik” yg memang selalu ada dimanapun kita berada.

Dalam keseharian kita, selalu kita dapati hal2 sederhana maupun rumit, yang terjadi begitu saja.

Sepertinya adalah hal yang biasa2 saja. Tapi jika kita benar2 memperhatikan dan kita amati, tela-ah dan analisa, ternyata banyak sekali kita mendapati sesuatu yang disebut kemunafikan.

Yang parah adalah dengan segala ketidak sempurnaan dan kemunafikannya manusia justru selalu “bergunjing” dan selalu ingin “mendalami” kehidupan orang lain. Malah kadang sampai begitu menghakimi. Bahkan tak sedikitpun yg tak henti2 nya mencampuri kehidupan orang dengan nasehat2 nya yg sepertinya sangat bijak dan seolah2 hanya dialah yg paling benar dan tanpa cela.

Bahkan justru banyak pula yg terang2an menunjukkan sikap bermusuhan karena tidak setuju dengan sifat atau kelakuan rekan atau orang lain yg dinilainya buruk (padahal jika mau berkaca, belum tentu kehidupan dan sifatnya justru lebih baik dibandingkan orang lain tersebut).

Semakin banyak orang munafik… Semakin parah keadaannya. Dan jika memang merasa diri dan kehidupan ini tak sempurna, baiknya janganlah menilai, menghujat, menghakimi, memfitnah, hingga mencampuri kehidupan orang lain. Karena yg paling baik adalah berkaca pd diri kita masing2… Sudah sempurnakah kehidupan kita? Sudah baik-kah sifat dan hati kita? Sudah paling benarkah kelakuan kita? Hanya diri kita masing2 yang paling mengetahuinya.

“Wahai Tuhanku, aku berlindung dengan ridho-Mu dari murka-Mu. Dengan maaf-Mu aku berlindung dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari azab-Mu. Aku tak mampu menghitung pujian kepada-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri” (HR. Abu Dawud)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: